Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Music KRONCONG

   

  • 1. Akar keroncong berasal dari sejenis musik Portugis yangdikenal sebagai fado yang diperkenalkan oleh para pelaut danbudak kapal niaga bangsa itu sejak abad ke-16 ke Nusantara.Dari daratan India (Goa) masuklah musik ini pertama kali diMalaka dan kemudian dimainkan oleh para budak dari Maluku.Melemahnya pengaruh Portugis pada abad ke-17 di Nusantaratidak dengan serta-merta berarti hilang pula musik ini. Bentukawal musik ini disebut moresco, yang diiringi oleh alat musikdawai. Musik keroncong yang berasal dari Tugu disebutKeroncong Tugu.Dalam perkembangannya, masuk sejumlah unsurtradisional Nusantara, seperti penggunaan seruling sertabeberapa komponen gamelan. Pada sekitar abad ke-19 bentukmusik campuran ini sudah populer di banyak tempat diNusantara, bahkan hingga ke Semenanjung Malaya.
  • 2. Masa keemasan ini berlanjut hingga sekitar tahun 1960-an, dan kemudian meredup akibat masuknya gelombang musikpopuler (musik rock yang berkembang sejak 1950, danberjayanya musik Beatle dan sejenisnya sejak tahun 1961hingga sekarang). Meskipun demikian, musik keroncong masihtetap dimainkan dan dinikmati oleh berbagai lapisanmasyarakat di Indonesia dan Malaysia hingga sekarang.Alat-Alat musik yang digunakan Keroncong dalambentuknya yang paling awal, moresco diiringi oleh musik dawai,seperti biola, ukulele, serta selo. Perkusi juga kadang-kadangdipakai. Set orkes semacam ini masih dipakai oleh keroncongTugu, bentuk keroncong yang masih dimainkan oleh komunitasketurunan budak Portugis dari Ambon yang tinggal di KampungTugu, Jakarta Utara.
  • 3. Pem-"pribumi"-an keroncong menjadikannya senicampuran, dengan alat-alat musik seperti:* sitar India* rebab* suling bambu* gendang, kenong, dan saron sebagai satuset gamelan, dan* gong
  • 4. Saat ini, alat musik yang dipakai dalam orkes keroncongmencakup:* Ukulele Cuk, berdawai 3 (nilon), urutan nadanyaadalah G, B dan E.* Ukulele Cak, berdawai 4 (baja), urutan nadanya A,D, Fis, dan B. Jadi ketika alat musik lainnyamemainkan tangga nada C, Cak bermain padatangga nada F (dikenal dengan sebutan in F).* Gitar Akustik (Ukulele dan Gitar menggatikanSitar).* Biola (menggantikan Rebab).* Flute (mengantikan Suling Bambu).* Selo.* Kontra Bass (menggantikan Gong).
  • 5. Musik keroncong mempunyai ciri-ciri seperti berikut :* Birama 4/4* Menggunakan alat music ukulele.* Syair lagu terdiri dari 7 kalimat, masing-masing kalimat 4birama sehingga jumlah seluruhnya 28 birama.* Kalimat lagu ke tiga selalu diselingi interlude secarainstrumentalia sebanyak 2 sampai 4 birama.* Bentuk lagu keroncong memiliku pola ABC.* Kalimat lagu keempat selalu mendapatkan iringan.* Instrumen pengiring keroncong asli terdiri dari 7macam, yaitu:
  • 6. 1. bass2. cello3. biola4. seruling/flute5. gitar melodi6. ukulele7. cak* Harmoni yang digunakan sangat terbatas dan kurangmendapat kebebasan untuk berimprovisasi.* Untuk music keroncong modern terdapat sedikitperbedaan dengan keroncong asli, yaitu padapenggunaan jenis instrument dan susunan iringannya,bukan perbedaan bentuk atau susunan lagu.
  • 7. Setelah mengalami evolusi yang panjang sejak kedatangan orangPortugis di Indonesia (1522) dan pemukiman para budak di daerahKampung Tugu tahun 1661, dan ini merupakan masa evolusi awal musikkeroncong yang panjang (1661-1880), hampir dua abad lamanya,namun belum memperlihatkan identitas keroncong yang sebenarnyadengan suara crong-crong-crong, sehingga boleh dikatakan musikkeroncong belum lahir tahun 1661-1880.Dan akhirnya musik keroncong mengalami masa evolusi pendekterakhir sejak tahun 1880 hingga kini, dengan tiga tahap perkembanganterakhir yang sudah berlangsung dan satu perkiraan perkembanganbaru (keroncong millenium). Tonggak awal adalah pada tahun 1879 , disaat penemuan ukulele di Hawai yang segera menjadi alat musik utamadalam keroncong (suara ukulele: crong-crong-crong), sedangkan awalkeroncong millenium sudah ada tanda-tandanya, namun belumberkembang (Bondan Prakoso).Empat tahap masa perkembangan tersebut adalah(a) Masa keroncong tempo doeloe (1880-1920),(b) Masa keroncongabadi (1920-1960), dan(c) Masa keroncong modern (1960-2000),serta(d) Masa keroncong millenium (2000-kini)
  • 8.  Masa keroncong modern (1960-2000)Perkembangan keroncong masih di daerah Solo dan sekitarnya,namun muncul berbagai gaya baru yang berbeda dengan MasaKeroncong Abadi (termasuk musisinya), dan merupakanpembaruan sesuai dengan lingkungannya.Mulai Masa keroncong modern (1960-2000) semua aturanbaku (pakem) Musik Keroncong tidak berlaku,karena mengikuti aturan baku (pakem) Musik Pop yangberlaku universal, misalnya tangga nada minor, modapentatonis Jawa/Cina, rangkaian harmoni diatonik dankromatik, akord disonan, sifat politonal atau atonal (padacampursari), tidak megenal lagi pakem bentukkeroncong asliatau stambul, ada irama nuansa dangdut (congdut), mulaitahun 1998 musik rap mulai masuk (Bondan Prakoso), dlsb.
  • 9. a) Langgam JawaBentuk adaptasi keroncong terhadap tradisi musik gamelandikenal sebagai langgam Jawa, yang berbeda dari langgam yangdimaksud di sini. Langgam Jawa memiliki ciri khusus padapenambahan instrumen antara lain siter, kendang (bisa diwakilidengan modifikasi permainan cello ala kendang), saron, danadanya bawa atau suluk berupa introduksi vokal tanpainstrumen untuk membuka sebelum irama dimulai secara utuh.Tahun 1968 Langgam Jawa berkembang menjadi Campursari.Umumnya mempunyai struktur lagu pop yaitu A - A - B - A ataujuga A - B - C - D dangan jumlah 32 birama. Lagu Langgam Jawayang terkenal pada tahun 1958 adalah ciptaan Anjar Any (1936-2008)
  • 10. b) Keroncong BeatDimulai oleh Yayasan Tetap Segar pimpinan Rudi Pirngadie, diJakarta pada tahun 1959 dan bisa mengiringi lagu barat pop(mau melangkah lebih bersifat universal). Pada waktu itu IdrisSardi ikut tur ke New York Worlds Fair Amerika Serikat denganbiola tahun 1964 dengan maksud mau memperkenalkan lagupop barat (I left my heart in San Fransico, pada waktu itu tahun1964 lagu ini merupakan salah satu hit di dunia) dengan iringankeroncong beat, namun dia kena denda melanggar hakcipta akibat tanpa izin.Dengan Keroncong Beat maka berbagai lagu (bukan denganrangkaian harmoni keroncong, termsuk kunci Minor) dapatdinyanyikan seperti La Paloma, Monalisa, Widuri, MawarBerduri, dll.
  • 11. c) Campur SariDi Gunung Kidul (DI Yogyakarta) pada tahun1968 Manthous memperkenalkan gabungan alat gamelan danmusik keroncong, yang kemudian dikenal sebagai Campursari.Kini daerah Solo,Sragen, Ngawi, dan sekitarnya, terkenalsebagai pusat para artis musik campursari.d) Keroncong Koes-PlusKoes Plus dikenal sebagai perintis musik rock di Indonesia, padasekitar tahun 1974 juga berjasa dalam musik keroncong yangrock. Keroncong Pertemuan adalah Keroncong Koes Plusdengan struktur bentuk campuran (dalam bahasa Belandadisebut Meng-vorm atau Inggris Combine form) antara StambulII dan langgam Keroncong.
  • 12. e) Keroncong Dangdut (Congdut)Keroncong dangdut (Congdut) adalah jawaban atas derasnyapengaruh musik dangdut dalam musik populer di Indonesia sejak1980-an. Seiring dengan menguatnya campur sari di pentas musikpopuler etnis Jawa, sejumlah musisi, konon dimulai dari Surakarta,memasukkan unsur beat dangdut ke dalam lagu-lagu langgamJawa klasik maupun baru. Didi Kempot adalah tokoh utama gerakanpembaruan ini. Lagu-lagu yang terkenal antara lain Stasiun Balapan,Sewu Kuto.Masa Kejayaan Musik Keroncong. Pada Masa Keroncong Modernadalah Masa Kejayaan Musik Keroncong, di mana terdengar di mana-mana musik Langgam Jawa, Keroncong Beat, Campursari, koes Plusdan terakhir dengan Congdut dari Didi Kempot, hingga ke Surinamedan Belanda (2004-2008). Rupa-rupanya ini merupakan puncakkejayaan Musik Keroncong, sehingga Gesang khawatir bahwaKeroncong Akan Mati (2008, ucapan beliau sebelum wafat).
  • 13. Masa keroncong millenium (2000-kini)Walaupun musik keroncong di era millenium (tahun 2000-an)belum menjadi bagian dari industri musik pop Indonesia, tetapibeberapa pihak masih mengapresiasi musik keroncong.Kelompok musik Keroncong Merah Putih[7], kelompokkeroncong berbasis Bandung masih cukup aktif melakukanpertunjukan. Selain itu, Bondan Prakoso dan grupnya BondanPrakoso & Fade 2 Black, menciptakan komposisi berjudul"Keroncong Protol" yang berhasil memadukan musik gaya rapdengan musik latar belakang irama keroncong. Pada tahun2008 @ Solo International Keroncong Festival, HarmonyChinese Music Group membuat suasana lain denganmemasukan unsur alat musik tradisional Tionghoa danmenamainya sebagai Keroncong Mandarin

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar